Jasa Sertifikat SKA ( Sertifikasi Keahlian ) Profesional

jasa sertifikat SKA
jasa sertifikat SKA


Sertifikasi adalah pengesahan pihak ketiga atas tingkat pengetahuan atau keahlian individu dalam industri atau profesi tertentu. Mereka diberikan oleh otoritas di lapangan, seperti masyarakat profesional dan universitas, atau oleh lembaga pemberi sertifikat atau pemberi jasa sertifikat SKA ( sertifikasi keahlian ). Sebagian besar sertifikasi akan dibatasi waktu; beberapa akan kedaluwarsa setelah periode waktu tertentu (seperti masa pakai produk yang memerlukan sertifikasi untuk digunakan), sementara yang lain dapat diperpanjang tanpa batas waktu selama persyaratan tertentu dipenuhi. Pembaruan biasanya memerlukan pendidikan berkelanjutan untuk tetap up-to-date tentang kemajuan di lapangan, dibuktikan dengan mendapatkan jumlah kredit pendidikan berkelanjutan, atau unit pendidikan berkelanjutan, dari sertifikasi pengembangan profesional yang disetujui.

Banyak program sertifikasi berafiliasi dengan asosiasi profesional, organisasi perdagangan, atau vendor swasta yang tertarik untuk meningkatkan standar industri. Program sertifikat sering dibuat atau didukung oleh asosiasi profesional, tetapi biasanya sepenuhnya independen dari organisasi keanggotaan. Sertifikasi sangat umum di bidang-bidang seperti penerbangan, konstruksi, teknologi, lingkungan, dan sektor industri lainnya, seperti kesehatan, bisnis, real estate, dan keuangan.

Sertifikasi juga bersifat portabel, karena mereka tidak bergantung pada definisi satu perusahaan tentang pekerjaan tertentu, dan hal ini memberikan calon perusahaan dengan dukungan pihak ketiga yang tidak memihak, dari pengetahuan dan pengalaman profesional seseorang. Begitupun dengan sertifikasi keahlian yang diberikan oleh para pemberi jasa sertifikat SKA pada umumnya. Terutama di sertifikat.id, dimana sertifikat keahlian yang diberikan merupakan sertifikat yang legal, dan diakui oleh LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi), yang bisa dipastikan keasliannya di lpjk.net. sertifikat keahlian ini juga sesuai ketentuan LPJK versi PU (Pekerjaan Umum), dan sesuai dengan peraturan lembaga terkini yang diterbitkan oleh LPJKD dari asosiasi ASTEKINDO (Asosiasi Tenaga Teknik Konstruksi Indonesia ) dan GATAKI (Gabungan Tenaga Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia).

Baca juga: Mengapa Butuh Sertifikasi ISO dalam Bisnis?

Sertifikasi berbeda dari lisensi profesional. Lisensi biasanya dikeluarkan oleh lembaga negara, sedangkan sertifikasi biasanya diberikan oleh masyarakat profesional atau lembaga pendidikan maupun jasa sertifikat SKA. Memperoleh sertifikat bersifat sukarela di beberapa bidang, tetapi di bidang lain, sertifikasi dari lembaga yang diakreditasi pemerintah mungkin secara hukum diminta untuk melakukan pekerjaan atau tugas tertentu. Di negara lain, lisensi biasanya diberikan untuk  masyarakat profesional atau universitas dan memerlukan sertifikat setelah sekitar tiga hingga lima tahun dan seterusnya. Proses penilaian untuk sertifikasi mungkin lebih komprehensif daripada lisensi, meskipun terkadang proses penilaiannya sangat mirip atau bahkan sama, meskipun berbeda dalam hal status hukum.

Standar untuk menjadi lembaga sertifikasi atau jasa sertifikat SKA juga harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu lembaga ini harus bisa memberikan penilaian berdasarkan pengetahuan industri yang independen, serta memberikan sertifikat terbatas waktu kepada siapa pun yang memenuhi standar penilaian. Selain itu, ada juga beberapa jenis sertifikasi umum yang diurutkan sesuai dengan tingkat pengembangan dan portabilitas, yaitu: korporat (internal), produk spesifik, dan profesi.
Sertifikasi korporat, atau internal dibuat oleh korporasi atau perusahaan dengan risiko rendah untuk tujuan internal. Misalnya, sebuah perusahaan mungkin memerlukan kursus pelatihan satu hari untuk semua tenaga penjualan, setelah itu mereka menerima sertifikat. Meskipun sertifikat ini memiliki portabilitas terbatas  (untuk perusahaan lain, misalnya) ini adalah yang sertifikasi paling sederhana untuk dikembangkan.

Sertifikasi khusus produk lebih dilibatkan, dan dimaksudkan untuk direferensikan ke produk untuk semua aplikasi. Pendekatan ini sangat lazim dalam industri teknologi informasi (TI), yang mana semua bagian akan disahkan pada versi perangkat lunak atau perangkat keras. Jenis sertifikasi ini portabel di seluruh lokasi (misalnya, berbagai perusahaan yang menggunakan perangkat lunak tersebut), tetapi tidak di seluruh produk lainnya. Contoh lain dapat berupa sertifikasi yang dikeluarkan untuk bagian pengiriman, yang berada di bawah standar internasional dan diperuntukan bagi pengakuan lembaga sertifikasi.

Jenis sertifikasi yang paling umum adalah sertifikasi profesi atau sertifikasi keahlian. Sertifikasi dalam profesi medis sering ditawarkan oleh spesialisasi tertentu. Untuk menerapkan standar profesional, meningkatkan tingkat praktik, dan melindungi masyarakat, lembaga atau jasa sertifikat SKA profesional dapat menetapkan sertifikasi. Ini dimaksudkan agar dapat dengan mudah dibawa ke semua tempat yang dapat digunakan oleh setiap profesional yang bersertifikasi untuk bekerja. Tentu saja, peraturan ini akan meningkatkan biaya program atau sejenisnya; proses untuk menetapkan penilaian yang dapat dipertahankan secara hukum atas seluruh profesi akan sangat luas. Contohnya adalah sertifikasi Akuntan Publik yang tidak hanya berguna dalam menjamin untuk satu perusahaan atau satu program akuntansi, tetapi untuk semua pekerjaan umum yang termasuk dalam profesi tersebut.

Sertifikat Profesional Tingkat Lanjut

Sertifikat profesional lanjutan adalah sertifikat profesional yang dirancang untuk membantu para profesional untuk bisa meningkatkan kinerja pekerjaan dan “daya jual” di bidangnya masing-masing. Di banyak negara lain, sertifikat merupakan sebuah kualifikasi dalam pendidikan tinggi. Di Amerika Serikat, sertifikat bisa saja ditawarkan oleh lembaga pendidikan tinggi. Sertifikat ini biasanya menandakan bahwa seorang siswa telah mencapai standar pengetahuan tentang mata pelajaran kejuruan tertentu. Program sertifikasi keahlian ini dapat diselesaikan lebih cepat daripada gelar akademik dan seringkali tidak memiliki persyaratan pendidikan umum.

Sertifikat profesional tingkat lanjut adalah hasil dari proses pendidikan yang dirancang untuk setiap individu. Sertifikat dirancang untuk para “pendatang baru” di industri maupun para profesional yang telah berpengalaman. Sertifikat diberikan oleh lembaga akademik atau biro jasa sertifikat SKA. Penyelesaian program sertifikat menunjukkan penyelesaian kursus atau serangkaian kursus dengan konsentrasi spesifik yang berbeda dari program gelar pendidikan. Tujuan akhir dari sertifikat profesional tingkat lanjut adalah agar para profesional dapat menunjukkan pengetahuan, keahlian, serta keterampilan untuk menunjang kinerja dalam dunia pekerjaannya.

Dan untuk mempermudah para profesional untuk mendapatkan sertifikat keahlian, sertifikat.id siap membantu Anda dalam memperoleh sertifikat keahlian sesuai dengan sertifikat yang Anda inginkan. Ada beberapa jenis sertifikasi keahlian yang kami tawarkan, di antaranya adalah Arsitek, Sipil, Elektrikal, Mekanikal, Tata Lingkungan hingga Manajemen Konstruksi dan Manajemen Proyek. Dengan harga yang sudah pasti terjangkau, kami juga menawarkan layanan yang cepat dan profesional. Tentu saja kami juga memberikan persyaratan mudah bagi para profesional yang ingin mendapatkan sertifkat keahlian ini. Cukup dengan mempersiapkan fotokopi KTP Anda, beserta fotokopi ijazah asli dan fotokopi NPWP.

Anda juga perlu mencantumkan foto berwarna terbaru berukuran 4x6. Persiapkan juga CV dan pengalaman kerja Anda dan kirimkan semua data tersebut melalui email, atau Anda juga bisa mengirimkannya langsung ke kantor kami. Sertifikasi keahlian (SKA ) yang dibuat merupakan sertifikat keahlian yang akan berlaku selama 3 ( tiga ) tahun ke depan. Sertifikasi keahlian ini juga dapat digunakan untuk pengurusan SBU (Sertifikat Badan Usaha ) di daerah masing-masing, serta bisa juga digunakan untuk mendirikan tender.