Biaya Pembuatan ISO OHSAS Yang Sudah Pasti Sangat Terjangkau

biaya pembuatan iso ohsas
biaya pembuatan iso ohsas

Biaya Pembuatan ISO OHSASRangkaian standar ISO 14000 menyediakan alat praktis untuk perusahaan dan organisasi dari segala jenis yang ingin mengelola tanggung jawab lingkungan mereka. ISO 14001: 2015 dan standar pendukungnya seperti ISO 14006: 2011 fokus pada sistem lingkungan untuk mencapai hal ini. Standar lain dalam ISO berfokus pada pendekatan spesifik seperti audit, komunikasi, pelabelan dan analisis siklus hidup, serta tantangan lingkungan seperti perubahan iklim.

Namun, apa sebenarnya ISO itu? ISO atau International Organization for Standardization merupakan sebuah badan internasional khusus yang menetapkan standar internasional, dimana terdiri dari wakil - wakil dari pelbagai badan standardisasi nasional pada setiap negara. ISO sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani “isos” yang berarti sama. Hal ini dikarenakan perbedaan singkatan yang dimiliki setiap negara tentang standardisasi ini berbeda-beda. Rangkaian standar ISO 14000 sendiri dikembangkan oleh Komite Teknis ISO ISO / TC 207 dan berbagai subkomite.

Di sisi lain, OHSAS atau Occupational Health and Safety Assessment Series adalah standar internasional yang merupakan hal untuk mengidentifikasi, mengendalikan dan mengurangi risiko berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Standar ini menjadikan kesehatan dan keselamatan karyawan sebagai prioritas dalam sebuah organisasi atau perusahaan.


Jadi bisa dilihat bagaimana pentingnya ISO dan OHSAS dalam cakupannya untuk sebuah organisasi maupun perusahaan. Hal ini juga diikuti dengan adanya biro jasa untuk pembuatan sertifikasi ISO OHSAS. Biaya pembuatan ISO OHSAS ini biasanya mengikuti dari sertifikat yang ingin didapatkan oleh organisasi atau perusahaan bersangkkutan. Namun kini, bersama sertifikat.id, Anda  bisa mendapatkan biaya pembuatan ISO OHSAS dengan harga yang lebih terjangkau.

Pembaruan ISO 14001 : 2015 dan Biaya Pembuatan ISO OHSAS yang Terjangkau

ISO 14001: 2015 telah menetapkan kriteria untuk sistem manajemen lingkungan dan dapat disertifikasi. Ini memetakan kerangka kerja yang dapat diikuti oleh perusahaan atau organisasi untuk membentuk sistem manajemen lingkungan yang efektif. ISO sendiri dapat digunakan oleh organisasi atau perusahaan apa pun terlepas dari aktivitas yang dilakukan maupun sektornya. Menggunakan ISO 14001: 2015 juga dapat memberikan jaminan kepada manajemen perusahaan dan karyawan dimana dampak lingkungan sedang diukur dan ditingkatkan.

Setifikat.id memberikan Anda kemudahan untuk memperoleh sertifikasi ISO dan OHSAS dengan persyaratan yang sangat mudah. Cukup dengan menggunakan Izin Usaha Jasa Konstruksi ( IUJK ) dan Struktur Organisasi, serta dengan biaya pembuatan ISO OHSAS yang terjangkau, maka Anda bisa mengajukan pembuatan sertifikasi kepada kami. Kami juga akan memberikan konsultasi gratis untuk Anda.

ISO 14001 vs OHSAS 18001: Perbedaan dan Persamaan

Jika Anda memiliki sistem manajemen lingkungan atau Enviromental Management System ( EMS ) di lokasi yang menggunakan persyaratan ISO 14001, Anda akan memiliki sistem yang baik untuk mengendalikan risiko Anda ketika datang ke dampak lingkungan di perusahaan Anda. Bahkan, Anda mungkin ingin memperluas manajemen risiko ini ke aspek lain dari bisnis Anda yang mencakup risiko. Jika demikian, dengan kesehatan dan keselamatan, Anda akan memiliki risiko lain yang dapat diidentifikasi dan kewajiban hukum yang merupakan kepentingan terbaik Anda untuk dikendalikan.

Anda mungkin bertanya - tanya, apakah memungkinkan untuk bisa memanfaatkan proses yang Anda miliki untuk pengelolaan lingkungan agar juga memperhatikan masalah kesehatan dan keselamatan? Dan tentu saja jawabannya adalah bisa. Tidak sulit untuk mengintegrasikan kedua sistem. Meskipun ISO 14001 dikendalikan oleh sebuah organisasi internasional untuk standardisasi dan OHSAS 18001 tidak ( OHSAS sendiri dikendalikan oleh British Standards Institute, atau BSI), kedua sistem ini mengikuti struktur yang sama dan memiliki sesuatu yang sama; hanya fokus pada perubahan dari lingkungan menuju kesehatan dan keselamatan kerja. OHSAS 18001 telah mempertahankan struktur yang sama dengan ISO 14001, dengan semua struktur dan banyak kata - kata yang tidak berbeda jauh dengan ISO 14001. Standar OHSAS 18001 bahkan memiliki tabel yang membandingkan OHSAS 18001 dengan ISO 14001 dan ISO 9001.

Beberapa elemen sistem manajemen yang sangat mirip dari ISO 14001 dan OHSAS 18001 bisa dilihat dari persyaratan hukum dan lainnya, tujuan dan sasaran, kompetensi tentang pelatihan dan kesadaran, komunikasi, dokumentasi, kontrol dokumen, pengendalian operasional, pemantauan dan pengukuran, evaluasi kepatuhan, tindakan yang tidak sesuai dalam lingkup korektif dan preventif, kontrol catatan, serta audit internal.

Perbedaan besar antara persyaratan ISO 14001 dan persyaratan OHSAS 18001 adalah kebutuhan bagi organisasi untuk memastikan partisipasi karyawan dalam area spesifik sistem manajemen. Sebagai bagian dari tujuannya untuk melindungi pekerja dari bahaya akibat pekerjaan, standar OHSAS 18001 mengamanatkan keterlibatan pekerja. Keterlibatan ini harus mencakup partisipasi dalam proses bahaya / risiko dan menentukan kontrol, investigasi insiden, dan pengembangan dan peninjauan kebijakan dan tujuan. Selain itu, karyawan ( pekerja ) harus diajak berkonsultasi tentang perubahan apa pun yang memengaruhi kesehatan dan keselamatan kerja mereka, serta adanya perwakilan tentang masalah kesehatan dan keselamatan kerja. Selain itu, konsultasi dengan kontraktor diperlukan jika ada perubahan yang mempengaruhi kesehatan dan keselamatan kerja mereka. Dan akhirnya, penting untuk dicatat bahwa standar menunjukkan apalbila kesehatan dan keselamatan kerja merupakan milik pekerja dan / atau kontraktor.

Partisipasi karyawan yang efektif membutuhkan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja agar diberlakukan. Kesehatan dan keselamatan kerja terdiri dari berbagai kebijakan, prosedur, dan rencana yang menentukan praktik terbaik untuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja bagi perusahaan Anda. Karena setiap bisnis itu unik, Anda harus menyesuaikan rencana ini dengan spesifikasi Anda. Namun, Anda akan menemukan kerangka kerja umum dan pedoman dalam persyaratan OHSAS 18001 yang akan membantu Anda mengelola kesehatan dan keselamatan kerja Anda dan tetap patuh.

Secara keseluruhan, Anda akan melihat perbedaan fokus antara standar 14001 dan 18001. ISO 14001 berkonsentrasi pada pengelolaan lingkungan eksternal perusahaan untuk kepatuhan terhadap peraturan dan mengurangi polusi. Sebaliknya, OHSAS 18001 berusaha untuk memastikan keselamatan secara internal di tempat kerja dengan melibatkan pekerja dan manajemen dalam pengurangan risiko. Sementara niat masing-masing sedikit berbeda, baik fokus internal maupun eksternal sangat penting untuk mempertahankan organisasi yang sehat dan sesuai dengan peraturan.

Dapatkan Informasi tentang Biaya Pembuatan ISO OHSAS

Jika bisnis Anda ingin menerapkan ISO 14001 atau OHSAS 18001, sertifikat.id dapat membantu Anda merealisasikannya dengan biaya pembuatan ISO OHSAS yang sudah pasti sangat terjangkau. Kami menawarkan pengalaman dan kepercayaan dalam pembuatan sertifikasi ISO, OHSAS dan sertifikasi peraturan lainnya. Bahkan kami juga menyediakan pembuatan sertifikasi keahlian dan sertifikasi keterampilan. Siapkan Izin Usaha Jasa Konstruksi ( IUJK ) serta struktur organisasi perusahaan Anda, dan kirimkan melalui email di website kami sertifikat.id, atau Anda juga bisa datang langsung ke kantor kami untuk melakukan konsultasi gratis bersama kami.

Kami berkomitmen untuk membantu pelanggan memahami setiap persyaratan sertifikasi dan peraturan industri. Dengan pemahaman ini, Anda akan lebih mampu menerapkan strategi sistem manajemen terbaik.